http://www.mardian84.blogspot.com/ 2010-02-12T09:29:01+00:00 monthly 0.8 Modif Sonyericsson & Berbagi Peluang: Tutorial Lengkap Patching K800 CID53

Minggu, 21 Februari 2010

Tutorial Lengkap Patching K800 CID53

readbud - get paid to read and rate articles
[Baca Artikel dan Berikan Rating Dibayar Dolar, Terbukti]

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah patching, patching ini adalah memasukkan file berextensi *vkp kedalam system HP untuk merubah/menambahkan suatu fungsi dan tampilan dari HP Sony Ericsson. Sebagian besar orang juga mungkin sudah mengetahui bahwa terdapat metoda khusus untuk bisa melakukan patching pada ponsel SE dengan EROM : CID53 karena CID53 ini belum mampu dibaca systemnya menggunakan program XS++ (secara program XS++ ini dapat dengan mudah memasukkan file patch kedalam system HP Soner yang bisa dibacanya)


Sebelum melaksanakan tutorial yang saya buat, perlu diketahui bahwa pada saat ini, ponsel Sony Ericsson CID53 yang dapat dipathing dengan menggunakan FAR MANAGER+JD FLASHER dan DATA PATCHING. Perlu diketahui juga bahwa saat ini, CID 53 yang bisa dipatch hanya berasal dari Firmware MAIN R8BF003. Dari sini kita sudah bisa membaca bahwa untuk ponsel K800 CID53 dengan FW MAIN selain R8BF003 harus di flash MAIN dulu ke R8BF003 agar bisa di patch.

Singkatnya, siapkan dahulu hal-hal berikut :
  • Aplikasi FAR+JD Flasher --> [download]
  • USB Flash Driver bagi yang belum punya --> [download]
  • Data Patching --> [download]
  • Main Firmware K800 R8BF003 --> [download]
  • Pastikan batere memiliki cukup daya sebelum melakukan ini (80% minimal)
  • File-file patch *vkp yang sesuai dengan type HP dan FW Main, download koleksi vkp patch K800 R8BF003 disini
Untuk mendownload file-file diatas, klik text yang mengandung link download kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul "SKIP ADD" di pojok kanan atas. Klik "SKIP ADD" tersebut dan anda akan langsung dibawa ke file hosting untuk mengambil/mendownload file tersebut.


[Daftar gratis, cuma lihat iklan dan klik iklannya dapet duit...]

Sekarang, kita langsung masuk ke tahap tutorial Hack k800 CID53 agar bisa di patching.

A. Persiapan :
  • Download file2 yang dibutuhkan, kemudian extract.
  • Buka Data Patching yang telah di download, lalu buka folder qa2020 , lalu copy dan paste-kan kedalam folder Far & JdFlasher [Far/Plugin/jdflasher/scripts/ --> paste aja di situ, replace yg lama]
  • Buka folder qamaker.rar , extract , lalu drag/seret/timpa FW MAIN R8BF003 yang sudah didownload tepat menimpa qamakar.exe dan tunggu proses beberapa saat hingga terbentuk file quick_access_K800_R8BF003.vkp

B. Flash MAIN :
  • Matikan HP kemudian copot batre beberapa saat kemudian masukkan kembali batrenya, tetapi ponsel jangan dihidupkan dulu (biarkan dalam keadaan OFF).
  • Buka dan jalankan applikasi FAR+JD FLASHER yang sudah anda download sebelumnya.
  • Setelah Aplikasi Far terbuka, tekan tombol F11 keyboard, kemudian pilih/klik "Just da Flasher" hingga keluar jendela parameter seting input, pilih "db2020" pada tab Script, "DCU-60" pada tab port dan "921600" pada tab Speed kemudian klik lagi "jump down into a large rabbit-hole" ketika FAR sedang mencari perangkat (HP), masukkan HP yang masih dalam keadaan OFF sambil menekan tombol "C" (ingat, tekan tombol "C" kemudian masukkan kabel data). Tunggu sampai HP terbaca oleh aplikasi FAR hingga tampilannya akan seperti dibawah ini.
  • Pilih/double klik "of flash", tunggu hingga proses selesai kemudian atur jendela FAR sebelah kanan menuju tempat penyimpanan FW MAIN K800 R8BF003 dalam harddisk yang telah di download dan diextract sebelumnya. Langkah selanjutnya, kita tinggal memasukkan file firmware MAIN tersebut dengan cara "drag and drop" alias tarik firmware FS yang ada di jendela kanan FAR ke jendela kiri hingga keluar jendela seperti dibawah ini
  • Pilih Copy atau tekan enter, hingga keluar lagi jendela konfirmasi lanjutan. Pilih "yeah, flash it" dan kemudian tunggu hingga proses penataan ulang sector MAIN selesai, jika sudah selesai akan ada pemberitahuan bahwa flash MAIN telah selesai, Tekan "OK" dan sekarang K800 anda sudah termasuk kedalam golongan R8BF003.
  • Double klik tanda titik-titik (....) dari jendela sebelah kiri atas FAR MANAGER hingga ada konfirmasi, pilih "yes" kemudian cabut kabel data dari HP dan re-insert batere bila merasa perlu (tetapi biarkan HP tetap dalam keadaan OFF, Proses belum selesai)
  • dari jendela FAR yang masih terbuka, connect kembali seperti cara di atas tetapi pilih "ofs" bukan "oflash". Setelah masuk sampai sini, pada jendela kiri FAR buka --> tpa/preset/custom, lalu masukkan executor.b [ada di data patching/anycid/K800i/(yg R8BF003 di extract dan buka isinya], executor.jar, dan costumize_upgrade.xml [ada di data patching/copy to phone].
  • Double klik tanda titik-titik (....) dari jendela sebelah kiri atas FAR MANAGER hingga ada konfirmasi, pilih "yes" kemudian cabut kabel data dari HP dan re-insert batere bila merasa perlu.
  • Sekarang, nyalakan hp lalu buka entertainment-games-executor, hp akan otomatis OFF. Jangan Nyalakan Handphone lagi! (biarkan dalam keadaan OFF). Jika setelah membuka executor HP OFF kemudian menyala kembali, anda harus buka executor lagi sampai HP benar-benar OFF (tidak merestart). Ingat ya... setelah HP otomatis OFF, jangan dinyalakan lagi.

C. Finishing :
  • Buka FAR MANAGER, tekan tombol F11 keyboard, kemudian pilih/klik "Just da Flasher" hingga keluar jendela parameter seting input, pilih "qa2020" pada tab Script (bukan db2020), "DCU-60" pada tab port dan "921600" pada tab Speed kemudian klik lagi "jump down into a large rabbit-hole"
  • ketika FAR sedang mencari perangkat (HP), masukkan HP yang masih dalam keadaan OFF sambil menekan tombol "C" (ingat, tekan tombol "C" kemudian masukkan kabel data). Tunggu sampai HP terbaca oleh aplikasi FAR hingga tampilannya akan seperti dibawah ini.
  • Pilih/double click bflash, lalu masukkan kembali FW MAIN k800 R8BF003 ke jendela kiri FAR MANAGER dengan cara drag and drop (tarik, geser dan tuangkan), sama seperti tahap flash main diatas.
  • Pilih Copy atau tekan enter, hingga keluar lagi jendela konfirmasi lanjutan kemudian pilih "yeah, flash it" dan tunggu hingga proses selesai.
  • Selanjutnya, masukkan quick_access_K800_R8BFoo3.vkp yang sudah dibuat sebelumnya dengan "qamaker" (dalam tahap A. Persiapan). Caranya pasti sama, yaitu dengan drag and drop file quick_access_K800_R8BFoo3.vkp ke jendela kiri FAR MANAGER.
  • Selesai sudah proses Hack K800 CID53, Sekarang kita sudah dapat memasukkan file patch.vkp lainnya sesuai keinginan kita.
  • Cara memasukkan file patch.vkp sama seperti melakukan flash yaitu dengan drag and drop. Yang perlu diperhatikan untuk melakukan patching adalah dengan memilih opsi "qa2020" pada tab script FAR MANAGER sebelum melakukan koneksi HP.
  • Sedangkan untuk membuang patch.vkp yang telah dimasukkan, caranya sama seperti saat memasukkan file patch tersebut. Misalkan kita telah memasukkan "Headset_v1.vkp" kedalam system HP, untuk membuang/uninstal Headset_v1.vkp tersebut adalah dengan cara drag and drop kembali file "Headset_v1.vkp" tersebut ke jendela kiri FAR MANAGER dan akan keluar jendela konfirmasi lalu pilih copy atau tekan enter kemudian keluar kembali jendela konfirmasi lanjutan. Disinilah letak perbedaannya, perhatikan disamping opsi "as a vkp patch" terdapat opsi "remove patch". Pilih opsi "remove patch" kemudian klik "yeah, flash it" untuk membuang Headset_v1.vkp.


Sebagai tambahan, koleksi file patch.vkp untuk K800 R8BF003 bisa didownload disini
Dan untuk Sobat yang memiliki K810 CID53 dapat melihat tutorial patching K810 CID53 disini

Selamat mencoba


[Gratis daftar, cuma lihat iklan dan klik iklannya dapet duit..]

Catatan :
  • Jika saat memasukan patch ke HP, lalu muncul error mismatch, artinya patch tersebut tidak cocok/ada masalah, sebaiknya dibatalkan saja, karena jika memaksa di masukan akan membuat hape error bahkan mati.
  • Jika saat selesai patching hape tidak bisa nyala, coba lepas dan masukan kembali battere, jika tidak bisa juga , pastikan battere full setidaknya memiliki 70% daya. Jika masih tidak bisa, terpaksa kita harus melakukan re-flash/flash ulang , yaitu dengan cara memasukan kembali FW MAIN ke oflash & bflash.

[Latop Gratis dari easy laptop. Tukar Kredit Point yang Diperoleh dengan Laptop Favorit Anda]

[SignUp Segera untuk Menerima 5 Kredit point pertama]


PERINGATAN PENTING :
DAMAGE ACTION....
CAREFULLY READ PLEASE.....
COMPLETE WHAT U NEED FOR K800 BEFORE ACTION....
DON'T DO THIS IF U SCARED.....
KEGAGALAN YANG DISEBABKAN TERPUTUSNYA PROSES FLASH/PATCHING
BISA MENYBABKAN PONSEL MATI TOTAL

PASTIKAN KONDISI BATRE PENUH
PASTIKAN KONDISI LISTRIK STANBY (TIDAK AKAN ADA PEMADAMAN)
JANGAN MEMBUAT TINDAKAN YANG MENYEBABKAN KONEKSI KABEL DATA TERPUTUS DARI PC/KOMPUTER SAAT PROSES FLASH/PATCHING BERLANGSUNG

PROSES FLASH/PATCHING AKAN AMAN JIKA SESUAI PROSEDUR DAN TIDAK MENGABAIKAN PERINGATAN YANG ADA

Jika mengalami masalah, silahkan tanya2x di :
K790/K800/K810 Kaskus
Forum Ponsel Sony Ericsson

Demi Kenyamanan Anda, silahkan Copy tutorialnya agar bisa diikuti kapan saja.
Share By : Face Book Group Modif SE K790, K800, K810

Semoga Berguna
By : "DIAN PRAMUDIANA"