http://www.mardian84.blogspot.com/ 2010-02-12T09:29:01+00:00 monthly 0.8 Modif Sonyericsson & Berbagi Peluang: Ganti Driver Accoustic K790, K800, K810 untuk Meningkatkan Kualitas Suara.

Jumat, 05 Februari 2010

Ganti Driver Accoustic K790, K800, K810 untuk Meningkatkan Kualitas Suara.


Setelah memodifikasi tampilan menu ponsel SE K790/K800/K180/i pada tulisan yang sebelumnya, selanjutnya saya akan tingkatkan kualitas suara agar tidak kalah saing dengan suara-suara ponsel musik.

Ponsel K790/K800/K810 adalah ponsel yang fitur unggulannya adalah kamera 3,2 MP-nya, itu artinya bahwa kualitas speaker untuk mendengarkan musik pada ponsel Sony Ericsson type ini tidak dijadikan yang utama. Hasilnya.... ya kualitas suara musik yang rendah dan membuat minder jika diadukan dengan ponsel yang memang dikhususkan untuk pemutar musik (type walkman/seri W).

Banyak pendapat bahwa untuk meningkatkan kualitas suara pada suatu ponsel adalah dengan cara mengganti speakernya, tetapi bagi saya itu sangat merepotkan dan dibutuhkan keahlian khusus dalam hal hardware ponsel, selain itu juga otomatis harus mengeluarkan biaya untuk membeli speaker penggantinya (itu pun kalo ada yang cocok).

Tapi jangan khawatir..., ponsel Sony Ericsson K790/K800/K810 juga bisa mengalahkan kualitas suara type ponsel Sony Ericsson seri W lho...., salah satu cara yang bersahabat adalah dengan mengganti driver accoustic K790/K800 dengan driver acoustik type W yang jenis filenya cocok (dalam pengalaman ini, saya mengganti driver accoustic K800 saya dengan driver accoustik milik W880 yang sudah dimodifikasi).

Cara ini "gratis", tinggal download file yang dibutuhkan dan ikuti tahap2nya. Tapi ingat.., siapkan dulu yang dibutuhkan dalam ritual ini, diantaranya.

  • HP Sony Ericsson (dalam contoh ini saya gunakan HP K790/K800)
  • USB Flash Driver, bagi yang belum punya silahkan download disini. Agar komputer bisa lebih mudah membaca system HP dengan program FAR MANAGER, ada baiknya jika kita menginstalkan program PC Suite yang terdapat pada CD dalam paket HP masing-masing (jika membeli ponsel Sony Ericsson type tertentu, pasti ada CD dalam boxnya)
  • Kabel Data DCU-60 untuk koneksi HP ke Komputer (laptop), kabel ini biasanya disertakan dalam duz saat kita membeli k790/k800
  • Application FAR Manager+JD Flasher (Bagi yang belum punya, download disini)
  • Accoustik driver yang akan dipakai untuk mengganti driver originalnya. Disini saya gunakan driver "SuperAcousticK790,800,810" untuk dipasang di K800 saya, karena menurut saya ini yang paling OK. Download aja disini driver acousticnya. Untuk mendownloadnya, klik "SKIP ADD" dipojok kanan atas setelah loading adfly selesai.
  • Keberanian dan waktu luang untuk mengerjakannya.
Setelah semua persiapannya lengkap, langsung ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Setelah di download dan diextract, instalkan USBFlashDriver di komputer Anda.
  2. Matikan HP, cabut baterainya sebentar kemudian pasangkan lagi (tapi ponsel biarkan tetap dalam keadaan OFF/mati)
  3. Jalankan FAR MANAGER.
  4. Tekan Alt+F1
  5. Pilih just da flasher, (isi tab Script : db2020 --> Port : DCU-60 --> Speed : 921600)
  6. klik “jump down into a large rabbit hole”
  7. Tekan dan Tahan tombol C, sambungkan HP dengan PC via kabel data. Tombol C jangan di lepas hingga muncul tanda aksi di Far, setelah ada aksi pembacaan, baru boleh dilepas.
  8. Double Klik pada “Ofs”
  9. Tunggu sampai tampilan berubah.....
  10. buka path IFS/SETTINGS/ACOUSTIC, kemudian hapus semua file yang ada dalam folder ini (file accoustic dalam HP).
  11. Pada windows kanan FAR, browse ke lokasi tempat menyimpan acoustic driver yang telah didownload. Hingga terlihat semua file *.apf atau *.zapf dalam foldernya. (File-file inilah yang akan dimasukkan ke dalam folder “Accoustic” dalam HP)
  12. Klik kanan pada alamat acoustic file (misalnya : d:/sonyericsson/acoustic) --> Files --> Select Group --> *.* --> Enter (seluruh nama file akan berubah kuning)
  13. Geser/drag ke windows sebelah kiri file-file yang sidah dipilih dari jendela sebelah kanan. (Ingat, windows sebelah kiri masih dalam path IFS/SETTINGS/ACOUSTIC.
  14. Tunggu sampai proses copy selesai.
  15. Pada windows kiri FAR, double klik tanda “…” (titik-titik) hingga muncul “warning: are you sure” pilih yes
  16. Cabut kabel. Lepas kembali baterainya lalu masukkan lagi biar segar..... kemudian nyalakan HP.
  17. Test suara speaker anda dengan memainkan musik, hasilnya... waouw.... sekarang anda bisa adukan K790/K800 anda dengan ponsel SE seri W atau yang lainnya
Itulah yang bisa saya bagikan kali ini, untuk teman-teman yang membutuhkan berkas file original accoustik K790 dan K800 bisa didownload disini. Sedangkan untuk original Acoustic K810/i bisa didownload disini.

File original tersebut bisa digunakan untuk mengembalikan kualitas suara original ponsel K790/K800/K810/i anda, caranya seperti langkah di atas, hanya file originalnya yang dimasukkan kedalam path IFS/SETTINGS/ACOUSTIC dalam ponsel anda (Driver acoustic hasil modif dihapus, driver original di masukkan. Tapi... kayaknya gak bakalan dilakukan tuh pengembalian kualitas, pasalnya sayang kalo suaranya balik lagi ke originalnya yang kurang memuaskan he.. he..).

Catatan penting sebelum mengganti driver accoustic, ada baiknya anda menghapus terlebih dahulu file-file driver accoustic dalam HP, ini dimaksudkan agar tidak terjadi tabrakan perpaduan yang hasil akhirnya belum tentu bekerja dengan sempurna.

Selamat mencoba.