http://www.mardian84.blogspot.com/ 2010-02-12T09:29:01+00:00 monthly 0.8 Modif Sonyericsson & Berbagi Peluang: Pasang Vista Splash StartUp - Shutdown di Ponsel SE K790, K800, K810

Minggu, 07 Februari 2010

Pasang Vista Splash StartUp - Shutdown di Ponsel SE K790, K800, K810

Melengkapi koleksi kemarin tentang mengganti menu icon standard menjadi tampilan menu seperti windows vista dalam komputer, ada baiknya jika tahap modifikasi ponsel SE K790, K800 atau K810 ini dilengkapi modifikasinya dengan merubah tampilan Spash Startup - Shutdown di HP SE model ini agar lebih terkesan seperti system operasi komputer sebenarnya.

Splash screenshot ini adalah, tampilan pada layar HP pada saat HP tersebut dihidupkan dan dimatikan. Disana akan timbul logo Sony Ericsson yang berdurasi kurang lebih 5 detik. Tampilan inilah yang akan kita rubah.

Dalam contoh ini, saya menggantinya dengan Splash screenshot Windows Vista sehingga pada saat HP saya dimatikan, akan muncul tampilan seperti komputer yang dimatikan, begitu juga saat HP saya dihidupkan, tampilannya akan seperti loading Windows Vista.

Untuk pengguna ponsel SE K790, K800 atau K810 yang tertarik dengan jenis Splash Screenshot Windows Vista ini, silahkan untuk mendownloadnya disini.

Seperti biasa, sebelum beraksi, siapkan dahulu perlengkapan berikut ini :

  • HP SE Type K790, K800 atau K810 (Ini wajib, kalo gak ada ini ya gak bisa dipraktekan he.. he..)
  • Komputer atau Laptop, kalo gak punya... pinjem punya temen atau rental juga banyak :-).
  • Kabel data DCU-60 sebagai alat untuk koneksi HP ke Komputer, agar system file dalam HP bisa dibaca di komputer.
  • USBFlashDriver, bagi yang belum punya silahkan download disini.
  • Applikasi FAR MANAGER+JD FLASHER (Bagi yang belum punya, silahkan download disini. Aplikasi ini khusus untuk K790, K800, K810 atau type lain yang support Far Manager.
  • File Splash Screenshoot Windows Vista yang sudah anda Download sebelumnya disini.
  • Keberanian dan kemauan untuk memodifikasi ponsel K790, K800 atau K810 anda.
Setelah semua hal tersebut siap, sekarang tinggal melaksanakan ritualnya. Ikuti langkah-langkahnya :
  1. Matikan HP, cabut baterainya sebentar kemudian pasangkan lagi (tapi ponsel biarkan tetap dalam keadaan OFF/mati)
  2. Instalkan USBFlashDriver yang telah didownload.
  3. Jalankan FAR Manager
  4. Tekan Alt+F1
  5. Pilih just da flasher, (isi tab Script : db2020 --> Port : DCU-60 --> Speed : 921600).
  6. Klik “jump down into a large rabbit hole”
  7. Tekan dan Tahan tombol C, sambungkan HP dengan PC via kabel data. Tombol C jangan di lepas hingga muncul tanda aksi di Far, setelah ada aksi pembacaan, baru boleh dilepas.
  8. Double Klik pada “Ofs”
  9. Tunggu sampai tampilan berubah.....
  10. Buka path TPA/PRESET/SYSTEM/SETTINGS, kemudian hapus semua file yang ada pada HP dalam folder ini.
  11. Pada window kanan FAR, browse ke lokasi tempat menyimpan fiel Splash screenshot Windows Vista yang telah didownload dan diextract (karena file hail download tersebut masih dalam format .zip atau .rar) Hingga terlihat semua isi filenya. File-file inilah yang akan dimasukkan ke dalam folder “Settings” dalam HP)
  12. Klik kanan pada alamat spalsh file di harddisk (misal : d:/Spalsh_Vista/Settings) --> Files --> Select Group --> *.* --> Enter (seluruh nama file akan berubah kuning, ini tandanya file-file tersebut sudah terpilih)
  13. Gerser/drag file-file yang sudah dipilih tadi ke jendela FAR MANAGER sebelah kiri. (Ingat, windows sebelah kiri masih dalam path TPA/PRESET/SYSTEM/SETTINGS.
  14. Tunggu sampai proses copy selesai.
  15. Setelah selesai, pada window kiri FAR MANAGER, double klik tanda “…” (titik-titik) hingga muncul “warning:are you sure” pilih yes
  16. Cabut kabel. Lepas kembali baterainya lalu masukkan lagi biar segar..... kemudian nyalakan HP.
  17. Splash Screenshot HP anda sudah berubah.
Pada dasarnya, cara memodifikasi HP SE ini hanya dengan mengganti file-file yang ada dalam folder struktur file system HP, jadi langkah-langkah yang ditunjukkan pasti sama, hanya lokasi tempat mengganti filenya yang berbeda disesuaikan dengan tujuan kita, fungsi atau tampilan apa yang mau diganti, maka dalam forder pengendali fungsi tersebutlah yang diganti.

Seperti biasa, disini saya juga menyediakan file Splash original dari type SE K790, K800 dan K810 agar kita bisa tetap mengembalikan lagi file original tersebut ke HP kita, kali aja tiba-tiba mau dikembalikan lagi keadaannya menjadi original he.. he..

Untuk K790/K800, download disini Splash Originalnya.
Untuk Original Splash K810, download disini.

Sebelum memodifikasi tampilan Spalsh pada HP kita, ada baiknya jika kita juga menyimpan file originalnya sekedar untuk berjaga-jaga.

Selamat Berkreasi..