http://www.mardian84.blogspot.com/ 2010-02-12T09:29:01+00:00 monthly 0.8 Modif Sonyericsson & Berbagi Peluang: Membuat Sendiri Bahasa HP Sony Ericsson

Kamis, 11 Februari 2010

Membuat Sendiri Bahasa HP Sony Ericsson

[Latop Gratis dari easy laptop. Tukar Kredit Point yang Diperoleh dengan Laptop Favorit Anda]

[SignUp Segera untuk Menerima 5 Kredit point pertama]


Asyik juga bisa membuat bahasa ala sendiri untuk diinstalkan di HP Sony Ericsson, Thanks to Mashardi yang udah berbagi informasinya.

Bahasa dalam HP Sony Ericsson yang digunakan sebagai bahasa HP, pada prinsipnya dikendalikan oleh fiel "Customize.xml" yang ada dalam folder tpa/preset/setting/custom dan folder di tpa/preset/setting/system/language. Bila kita lihat folder tpa/preset/setting/system/language/, terdapat beberapa file dengan ekstensi .lng dan t9. File dengan ekstensi lng digunakan sebagai bahasa telepon sedangkan file dengan ekstensi t9 digunakan sebagai bahasa penulisan, misalnya dalam menulis sms. Sedangkan file Customize.xml digunakan untuk memberikan informasi pada system HP mengenai bahasa apa saja yang diijinkan untuk dipakai dalam HP kita. Dengan mengetahui hal-hal diatas, tentunya kita mengetahui bahwa untuk bisa menambahkan bahasa ke hape Sony Ericsson sangatlah mudah, yaitu dengan cara :

  • Mendapatkan file xx.lng dan atau xx.t9 yang sesuai untuk type HP SE Anda.
  • Copy file berextensi .lng tersebut ke folder language, dan
  • Mengedit file Customize.xml, jika nama file bahasa yang diedit dan dimasukkan kedalam HP belum terdafatr nama filenya dalam Customize.xml

Beberapa bahasa yang umum di hape Sony Ericsson K790, K800, K810 bisa anda temukan di halaman ini. Berikut ini adalah tempat download untuk file-file bahasa type HP SE tersebut :

  • Untuk SE type K790, download disini. Dalam file yang anda download ini berisi semua file dan struktur system original milik Sony Ericsson K790.
  • Untuk SE type K800, download disini. Dalam file yang anda download, Anda akan mendapatkan file id.lng (bahasa indonesia) original SE K800i
  • Untuk SE type K810, download disini. Dalam file ini, Anda akan mendapatkan Language pack (semua file bahasa) SE K810.

File dalam link download tersebut akan ditemukan folder "language" original dari HP SE type k790, k800 dan k810. Simpan baik-baik file yang sudah didownload, dan jika anda ingin mengedit file .lng yang ada dalam folder tersebut, usahakan untuk menyalin (copy) salah satu file yang akan diedit agar file originalnya tetap aman. Dalam keadaan normal, HP SE memiliki beberapa bahasa standar bahkan sekarang type HP SE keluaran baru sudah ada yang memiliki bahasa sunda dan jawa. Bisa gak kalo kita membuat bahasa sendiri untuk HP SE, seperti Bahasa Batak, Padang, atau bahasa gaul bahkan bahasa Slank alias bahasa slenge'an? Nah.., sekarang kita akan mulai untuk menciptakan jenis bahasa sendiri untuk digunakan di HP SE yang kita miliki. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan file berextensi .lng (file ini ada dalam folder language dan untuk type K790, K800, K810 folder ini ada dalam link download untuk typenya masing-masing). Dalam praktek ini saya gunakan HP Se K800 dan file bahasa yang saya gunakan untuk di edit adalah bahasa Indonesia, untuk bahasa indonesia maka dari folder language (yang sudah didownload) ambil file "id.lng" dengan cara copy dan paste-kan diluar folder language tersebut. bisa dimana saja dalam hardisk Anda. Saya sengaja menggunakan file id.lng karena bagi saya lebih mudah untuk menerjemahkannya dalam alih bahasa.
  2. Program LNGEditor. Program ini bisa Anda download disini. Setelah didownload, usahakan untuk tidak meng-extract file tersebut karena jika diextract, kebanyakan program ini hanya bisa sekali dijalankan. Jadi untuk menggunakan file ini, cukup membuka file .zip tersebut dengan winrar atau winzip kemudian double klik file LNGEditor.exe yang ada didalamnya. Edit file id.lng, kemudian anda save as dengan nama ml.lng atau file lain yang tidak akan anda gunakan tetapi nama file tersebut ada dalam HP. Hal ini dilakukan agar kita tidak usah mengedit file Customize.xml dalam HP, kalau di hape saya, disave dengan nama ml.lng
  3. Setelah proses edit selesai, silakan dikembalikan ke HP dalam path : tpa/preset/setting/system/language. Untuk memasukan file kedalam HP, gunakan program yang sesuai untuk type HP anda. Untuk type K790, K800 atau K810 bisa menggunakan FAR MANAGER+JD FLASHER, untuk cara menggunakan program ini telah saya bahas dalam tulisa-tulisan saya sebelunya.
  4. Jika file .lng editan telah dimasukkan kedalam HP, itu berarti penginstalan bahasa baru yang dibuat sendiri telah selesai.
(Tampilan program LNGEditor)

Dalam membuat bahasa pada HP Sony Ericsson ini, saya telah mencoba mengedit untuk bahasa sunda di k800 saya, tetapi belum semuanya saya edit. Jika friend's berminat dengan file bahasa sunda yang saya buat, silahkan download disini.
Setelah di download, masukkan ke HP pada folder tpa/preset/system/language, tapi file bahasa ini hanya bisa diterapkan pada Sony Ericsson K800 dan K810

Mohon maaf jika terlalu panjang tulisan dan penjabaran tahap-tahapnya, bagia sebagian orang yang sudah familiar dengan modif Sony Ericsson mungkin pemborosan kalimat, hanya saja saya ingin benar-benar berbagi kepada semua pemula yang punya minat dan keinginan untuk memodifikasi ponsel Sony Ericsson yang dimilikinya. Mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu :-).

Catatan penting :
Perlu diketahui bahwa untuk bisa menjalankan aplikasi LNGEditor, komputer atau laptop harus sudah diinstall .NET FrameWork 2.0


[Latop Gratis dari easy laptop. Tukar Kredit Point yang Diperoleh dengan Laptop Favorit Anda]

[SignUp Segera untuk Menerima 5 Kredit point pertama]